Bikin Kamu Jadi Genius

Mengenal Teknologi Penting PABX yang Sering digunakan Perusahaan Besar

Mengenal Teknologi Penting PABX yang Sering digunakan Perusahaan Besar

Private Automatic Branch exchange atau yang biasa di singkat PABX adalah sistem komunikasi telepon switchboard yang digunakan sebagai telepon internal perusahaan. Sistem PABX menggunakan beberapa kabel yang terhubung langsung pada switchboad. Beberapa kabel ini dikenal dengan istilah Branch atau yang bisa diartikan sebagai cabang-cabang kabel yang terhubung langsung  pada beberapa PABX. PABX di sebut-sebut sebagai teknologi baru yang canggih, efisien, dan multifungsi.

Di sebut demikian karena PABX tidak hanya bisa digunakan sebagai telepon, alat ini juga bisa digunakan sebagai mesin fax, modem, dan komunikasi internal para karyawan kantor. Ditambah lagi dengan sudah banyak dan berkembangnya para suplier dan dealer yang menjual PABX seperti pabxnec.com untuk PABX merk NEC, alltechs.co.id yang menjual PABX merk LG, dan indocommco.com untuk PABX merk Panasonic yang akan menarik para pengusaha untuk memakai produk mereka.
PABX
image credit to: pabxnec.com

Teknologi PABX Berdasarkan Jenisnya
PABX memiliki keunggulan teknologi yang berbeda-beda tergantung dari type dan jenisnya. Hal ini mengacu pada kebutuhan yang di perlukan oleh sebuah perusahaan.
1. PABX Digital
PABX digital memiliki teknologi pesawat digital sebagai extensionnya. Pesawat digital yang ada pada PABX digital memiliki banyak fitur seperti Conference call, party, dsb. Sayangnya, Teknologi PABX digital ini hanya bisa digunakan dengan jenis, type, dan merk yang sama dengan pesawat digital PABX tersebut, sebagai contoh PABX digiatal panasonic yang bertipe KX-T764-X hanya bisa di gunakan dengan merk dan tipe yang sama.  Kelebihannya, PABX digital ini memiliki tombol-tombol yang friendly atau bisa di bilang sangat akrab dan sering kita temui.

2. PABX Analog
Tidak ada keunggulan yang bisa di temui pada PABX jenis ini, karena PABX ini tidak jauh seperti pesawat telepon biasa dan fitur teknologi yang di aplikasikan pun sederhana.

3. PABX Hybrid
Sesuai namanya, PABX ini memiliki teknologi yang bisa digunakan sebagai telepon digital dan telepon analog di setiap Port-Extensonnya.

4. IP PABX
IP PABX
image credit to: www.indocommco.com
IP PABX ini memiliki sistem teknologi yang paling unggul dari PABX yang lainnya. IP PABX memiliki teknologi perangkat kominikasi telepon switching dan data yang berteknologikan Internet Protocol (IP) agar bisa mengendalikan TDM atau extention telepon Analog dan  extension IP Phne. Teknologi yang ditawarkan oleh IP PABX antara lain; pengendalian, penyambungan, dan pemutusan hubungan telepon; translasi protokol komunikasitranslasi media komunikasi atau transcoding; serta pengendalian perangkat-perangkat IP Teleponi seperti voip Gateway, Access Gateway, dan Trunk Gateway.

IP PBX ini dikenal dengan Next Generation Network (NGN) atau teknologi komunikasi masa depan kerena dapat terhubung langsung dengan jaringan konvensional (PTSN/POTS), jaringan yang bergerak (GSM/CDMA), jaringan telepon satelit, jaringan Cordless (DECT), jaringan berbasis paket (IP/ATM), dan masih banyak lagi.

PABX pada dasarnya memiliki banyak fitur teknologi unggulannya masing-masing yang sudah di jelaskan diatas. Tetapi, ada teknologi dasar PABX yang sangat bagus, yaitu Interkoneksi PABX. Teknologi ini adalah teknologi yang mampu menyatukan dua PABX menjadi satu sistem kesatuan.

Interkoneksi PABX merupakan teknologi yang sangat efisien dalam hal biaya, karena dengan teknologi ini sebuah perusahaan yang memiliki banyak cabang pada beberapa daerah bisa menyatukan komunikasinya lewat PABX, dan tidak membutuhkan pulsa.

BIODATA PENULIS
Nama : Ibnu Ismail Alparaq
Google+ : inu.elpraq
Facebook : Ibnu Ismail
twitter : @k3ror0_guns0
Website : http://www.indocommco.com/

Terimakasih admin ucapkan kepada penulis karena telah bersedia mengirimkan artikel dengan Ikhlas. Mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Komentar untuk "Mengenal Teknologi Penting PABX yang Sering digunakan Perusahaan Besar"

Silakan berkomentar sesuai dengan isi postingan. Berkomentarlah dengan positif dan membangun. Mohon untuk tidak menyertakan link aktif. Terimakasih

Back To Top