Bikin Kamu Jadi Genius

Tips Hebat Bagi Seorang Guru dalam Mengajar

Guru. Katanya sih pahlawan tanpa jasa. Katanya sih pembangun karakter bangsa. Yaps! Memang begitulah peran seorang guru. Seorang guru yang hebat, tentu perlu melakukan hal yang hebat pula bagi peserta didiknya.
Pengalaman belajar langsung

Seorang guru harus mengajar dengan hati yang ikhlas agar ilmu yang anda berikan menjadi ilmu yang bermanfaat dan berkesan bagi peserta didik.  Di bawah ini saya akan berbagi tips agar anda menjadi guru yang hebat dalam mengajar:

Memperhatikan kemampuan setiap peserta didik
Sebagai seorang guru, kita perlu mengetahui kemampuan awal peserta didik agar kita dapat menentukan strategi yang akan digunakan dalam mengajar. Setiap peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda, sehingga seorang guru tidak bisa menyamaratakan pada setiap pembelajaran berlangsung, itulah mengapa sebagai seorang guru kita perlu mengetahui kemampuan setiap peserta didik.

Gunakan papan tulis yang tepat
Dalam mengajar, tentu sebuah papan tulis tidak terlepas di dalamnya. Sebagai seorang guru, kita perlu juga memperhatikan penggunaan papan tulis yang tepat. Meskipun papan tulis merupakan media yang baik digunakan untuk menyampaikan informasi kepada peserta didik, tetapi penggunaan papan tulis yang terlalu sering juga dapat mengakibatkan kurangnya interaksi antara guru dan peserta didik dan peserta didik akan cenderung lebih bosan dalam belajar.

Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Alangkah baiknya jika seorang guru telah merencanakan untuk pelaksanaan pembelajaran bagi peserta didiknya. Sesuatu hal yang terencana tentulah lebih baik. Rencana pelaksanaan pembelajaran akan memudahkan guru dalam mengajar dan proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur.

Gunakan berbagai model dan tekhik pembelajaran
Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa jika anda telah memahami kemampuan setiap peserta didik, maka anda perlu memiliki model dan tekhnik pembelajaran yang tepat bagi peserta didik.

Menyediakan media pembelajaran yang menarik
Media pembelajaran yang menarik akan mampu meningkatkan semangat dan motivasi anak dalam belajar. Tidak perlu setiap hari anda menyediakan media pembelajaran yang menarik bagi peserta didik, karena setelah menjadi seorang guru di dunia nyata, tentulah masih banyak kewajiban yang perlu anda kerjakan.

Cukup jangan terlalu menjadikan pembelajaran yang monoton dan membosankan, sehingga mungkin setiap satu minggu sekali anda bisa menyiapkan sebuah media pembelajaran sederhana yang menarik bagi anak.

Membaca buku dan referensi lain
Wawasan yang luas sangat diperlukan bagi seorang guru, jika anda ingin menjadi guru yang hebat, tentulah perlu kerja keras, bukan hanya seorang peserta didik saja yang harus membaca, tetapi seorang gurupun harus terus membaca agar dapat memperluas wawasannya. Untuk mendapatkan informasi mengenai media yang menarik bagi anak bukankah anda perlu membaca  dan mencari tahu?

Bawa anak untuk belajar dan terjun langsung ke dunia nyata(Learning by Doing)
Belajar disekolah umumnya dilakukan di dalam kelas, tetapi tidak ada salahnya kita membawa mereka untuk belajar di dunia nyata dan mengamati secara langsung fenomena alam yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Itulah akan menjadikan pemeblajaran lebih bermakna bagi peserta didik.

Bersahabat dengan semua siswa
Guru yang hebat bukan hanya menjadi seseorang yang di hormati oleh peserta didiknya, tetapi juga mampu bersahabat dengan peserta didiknya, sehingga peserta didik dapat terbuka dan berani bercerita kepada gurunya sendiri, karena guru merupakan orangtua kedua di sekolah.

Melakukan evaluasi
Setiap proses pembelajaran perlu dievaluasi, itu merupakan tugas seorang guru agar mengetahui sudah sampai mana kemampuan seorang peserta didik. Dalam melakukan evaluasi maka guru perlu membuat indikator apa saja yang perlu dicapai oleh peserta didik.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Tips Hebat Bagi Seorang Guru dalam Mengajar"

Silakan berkomentar sesuai dengan isi postingan. Berkomentarlah dengan positif dan membangun. Mohon untuk tidak menyertakan link aktif. Terimakasih

Back To Top