Bikin Kamu Jadi Genius

Cara Membuat Pembelajaran Menyenangkan di Kelas

Geeniuss - Cara Membuat Pembelajaran Menyenangkan di Kelas | Proses pembelajaran yang disukai siswa pada umumnya adalah pembelajaran yang tidak membosankan. Untuk membuat pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan bagi siswa memang bukanlah perkara mudah. Karena membuat guru harus berpikir kreatif bagaimana sih caranya supaya siswa semangat, antusias mengikuti pembelajaran.

Untuk membuat poses pembelajaran menyenangkan dalam kelas berikut Geeniuss bagikan tipsnya.
Metode belajar menyenangkan
Belajar dengan pendekatan saintifik siswa sedang mencoba membuktikan media perambatan bunyi
1. Mulailah dengan ice breaking
Pada artikel sebelumnya sudah di jelaskan pentingnya ice breaking dalam pembelajaran. Bagi yang belum membaca bisa simak di : Pentingnya ice breaking dalam pembelajaran

Ice breaking dilakukan untuk memusatkan perhatian siswa, menyiapkan siswa baik fisik maupun psikis untuk siap belajar. Pembelajaran yang di awali dengan hal menyenangkan yaitu dengan melakukan ice breaking pastinya akan membuat siswa lebih semangat mengiuti pembelajaran.

2. Tidak melulu menggunakan metode ceramah
Pada umumunya metode yang sering digunakan dalam proses pembelajaran adalah metode ceramah. Guru langsung menjelaskan materi pembelajaran secara langsung kepada siswa. Memang untuk beberapa materi di sekolah mengharuskan guru menggunakan metode ceramah, tapi ada baiknya kita mencari metode lain agar pembelajaran menjadi tidak membosankan bagi siswa.

3. Memberikan tips mudah dalam belajar materi
Untuk materi sulit atau materi pelajaran yang memerlukan hafalan, bagi guru penting memberikan tips mudah dalam menghafal Berikut contohnya:
Menghafal hewan metamorfosis tidak sempurna : BeCaKeJang (Belalang, Capung, Kecoa, Jangkrik)
Menghafal hewan metamorfosis sempurna : KaKuNyaLa ah (Katak, Kupu-kupu, Nyamuk, Lalat, Lebah)

Bagaimana mudah bukan menghafalnya? Tentu dengan diberikan tips seperti di atas siswa tidak akan bosan dalam mengikuti pembelajaran.

Itulah 3 tips ampuh untuk membuat pembelajaran menyenangkan di kelas. Silakan dicoba! Semoga bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Cara Membuat Pembelajaran Menyenangkan di Kelas"

Silakan berkomentar sesuai dengan isi postingan. Berkomentarlah dengan positif dan membangun. Mohon untuk tidak menyertakan link aktif. Terimakasih

Back To Top