Bikin Kamu Jadi Genius

Cara Ampuh Supaya Anak Semangat Belajar

Belajar merupakan kegiatan yang akan terus dilakukan oleh setiap manusia dari mulai lahir hingga ke liang lahat. Sejak manusia dilahirkan, ia akan belajar bagaimana caranya berjalan, berbicara, dan melakukan hal-hal yang belum pernah dilakukan.

Namun belajar bukan hanya sekedar itu, setelah anak dilahirkan ke dunia dan beranjak dewasa, ia akan menjalankan belajar di lembaga formal yaitu sekolah yang mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga ke perguruan tinggi. Untuk menempuh jenjang pendidikan tentunya setiap manusia harus memiliki kemauan dan juga semangat belajar yang tinggi, karena semangat yang tinggi adalah kunci untuk kita agar terus bersedia belajar dan memiliki ilmu yang tinggi pula.

Cara Ampuh Supaya Anak Semangat Belajar

Pembelajaran di SD Adzkia Ciumbuleuit tentang PJOK lempar dan tangkap bola melalui games. Anak merasa senang dan begitu semangat mengikuti permainan

Lalu, bagaimana cara agar membuat anak kita agar tetap semangat belajar ?

1. Sebagai orang tua sebaiknya selalu memperhatikan anak

Keluarga merupakan faktor utama penentu karakter anak. Anak belajar pertama kali dalam lingkungan keluarga, maka dari itu peran keluarga juga sangat penting agar anak tetap semangat belajar.

Cara utama yang perlu dilakukan oleh orangtua agar anak selalu semangat belajar adalah dengan selalu memperhatikan anak, cobalah bertanya kepada anak ketika ia pulang sekolah, tanyakan bagaimana pembelajarannya hari ini? Apakah menyenangkan?

Dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu anak akan berfikir dan mencari hal-hal yang ia alami di sekolah sehingga ia akan aktif bercerita kepada keluarganya dan itu akan membuat ia bersemangat untuk terus berangkat sekolah.

2. Beritahu kepada anak manfaat dari belajar

Sebagai orangtua yang baik, maka perlu memberikan manfaat dan juga resiko jika ia melakukan sesuatu agar tertanam pada diri anak apakah yang ia lakukan itu baik ataukah tidak. Dengan menjelaskan manfaat belajar kepada anak, maka itu akan membuat anak untuk semangat belajar karena ia tahu, dengan belajar yang akan memperoleh manfaat-manfaat yang telah ibu atau ayahnya sampaikan.

3. Berikan contoh yang baik bagi anak

Tidak hanya memberitahu mana yang baik ia lakukan dan mana yang tidak boleh untuk ia lakukan. Tetapi orangtua juga berkewajiban untuk memberikan contoh yang baik bagi anak-anaknya, karena orangtua merupakan sosok yang diteladai oleh anak-anaknya. Maka dari itu jika anda ingin anak anda bersemangat dalam belajar, anda pun harus memperlihatkan hal tersebut kepada anak anda. Dampingi ketika anak belajar, dan terus beir dukungan padanya.

4. Membacakan cerita motivasi ataupun dongeng kepada anak

Jika anak anda masih dalam usia yang senang untuk dibacakan cerita atau dongeng, maka cobalah berikan cerita atau dongeng kepada anak dengan posisi yang nyaman seperti dengan memangkunya. Tujuannya adalah untuk memberikan motivasi kepada anak bahwa membaca buku adalah suatu hal yang menyenangkan.

5. Lakukan hypnosleep

Hypnosleep dilakukan untuk mensugesti anak ketika ia sedang tidur. Cobalah bisikan kata-kata motivasi ketika anak sedang tertidur seperti “belajar itu sangat menyenangkan, sama seperti bermain, dengan belajar kamu akan menjadi anak yang cerdas”. insyaAllah kata-kata tersebut akan tertanam di alam bawah sadar anak.

Itulah beberapa tips agar anak selalu bersemangat dalam belajar. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Cara Ampuh Supaya Anak Semangat Belajar"

Silakan berkomentar sesuai dengan isi postingan. Berkomentarlah dengan positif dan membangun. Mohon untuk tidak menyertakan link aktif. Terimakasih

Back To Top