Bikin Kamu Jadi Genius

Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan

Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan - Hidup adalah belajar. Kehidupan ini tak akan pernah dapat dipisahkan dengan yang namanya belajar. Kehidupan ini terus berputar dan semakin berkembang, seseorang yang berhenti belajar maka ia akan terseleksi oleh kehidupan.

Bagi seorang pelajar, belajar harus menjadi sebuah kebutuhan. Tanpa belajar dengan baik seorang pelajar hanya akan memiliki predikat pelajar saja tanpa diimbangi dengan kualitasnya sebagai seorang pelajar.


Terkadang seorang pelajar enggan atau malas belajar karena tidak menyukai pelajaran, bosan, tidak semangat atau karena sudah belajar namun tidak faham dengan apa yang tengah dipelajarinya, akhirnya ia memutuskan untuk membenci pelajaran yang ia anggap sulit dan membosankan ini.

Baca Juga: Cara Menyukai Pelajaran yang Tidak Disukai

Nah dengan mengetahui tips belajar efektif dan menyenangkan, akan memudahkan seorang pelajar memahami pelajaran dan menentukan keberhasilan seorang pelajar dalam menyerap materi pelajaran di sekolah.



Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan

Berikut Tips Belajar yang Efektif dan Menyenangkan

1. Susunlah Jadwal Keseharianmu
Pola belajar yang baik akan menentukan keberhasilanmu, cobalah untuk mengatur jadwal dengan baik. Kapan belajar, kapan bermain, kapan pergi bersama teman-temanmu.

2. Melakukan Review materi Pelajaran

Setelah pulang dari sekolah sebelum kamu pergi bermain bersama kawan-kawanmu, cobalah luangkan sedikit untuk melakukan review materi pelajaran hari ini di sekolah. Coba tanyakan dalam hatimu, apa yang sudah kamu dapatkan hari ini? Materi mana yang menurutmu masih belum kamu mengerti? Kemudia catatlah jika memang tidak bisa kamu selesaikan, kemudian diskusikan dengan temanmu atau langsung tanyakan pada gurumu keesokan harinya.

3. Merangkum Materi Pelajaran

Kebiasaan yang biasa penulis lakukan adalah merangkum setiap materi ketika sedang belajar. Ada dua keuntungan yang penulis sendiri dapatkan dengan merangkum materi pelajaran, karena itu penulis rekomendasikan kepada teman-teman sebagai tips belajar yang efektif dan menyenangkan. 

Keuntungan yang pertama dengan merangkum materi secara tidak langsung kita pula telah membaca buku pelajaran, otomatis kita akan sedikit faham dengan materi yang sedang kita pelajari. Nah keuntungan kedua, untuk memantapkan bahwa kita mengerti yaitu dengan membaca kembali hasil rangkuman tadi, dengan begitu kita tidak harus membaca buku tebal yang membuat kita bosan. jadi yang kita baca adalah rangkuman/catatan kecil kita.


4. Berdiskusi dengan teman (Belajar kelompok)

Tidak ada cara belajar yang lebih mengasyikan selain berdiskusi. Berdiskusi dengan teman sangat baik dijadikan cara belajar agar lebih menyenangkan. kamu bisa bertukar pikiran dan saling membantu apabila temanmu mengalami kesulitan.

5.Disiplin

Seseorang tidak akan berhasil tanpa ada kedisiplinan dalam dirinya begitu pula dengan belajar. Seseorang yang sukses adalah mereka yang mau menjadikan dirinya disiplin dan patuh terhadap aturan yang telah ia buat. Apabila kamu telah membuat jadwal keseharianmu, cobalah disiplin dengan jadwal yang telah kamu buat.

6. Tidak Menggunakan SKS

SKS ialah singkatan dari cara belajar Sistim Kebut Semalam. Cara ini biasa dipakai para pelajar, bahkan hampir sebagian besar para belajar menggunakan cara ini. Sungguh bukan cara efektif dan menyenangkan, justru akan membuatmu kelelahan dan lupa saat berhadapan dengan soal ulangan.

7. Selingi dengan Istirahat

Saat belajar kamu memang harus fokus, namun jangan sampai lupa untuk mengistirahatkan badan dan pikiranmu. hal ini akan membuat belajarmu lebih menyenangkan serta tidak melelahkan.

^^Itulah ulasan mengenai Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan. Semoga bermanfaat.


Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Tag : Menarik
0 Komentar untuk "Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan"

Silakan berkomentar sesuai dengan isi postingan. Berkomentarlah dengan positif dan membangun. Mohon untuk tidak menyertakan link aktif. Terimakasih

Back To Top