Bikin Kamu Jadi Genius

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Efektif

Geeniuss - Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Efektif | Memilih jurusan biasanya dihdapkan dengan kebingungan, kegalauan, kegundahan. Mengapa? banyak sekali rasa yang muncul dalam pikiran mulai dari "wah, kalau saya memilih jurusan ini kira-kira masuk ngga yah, ini kan jurusan favorit"

"Kalau saya memilih jurusan ini kira-kira bagus ngga yah prospek ke depannya", "Wah jurusan yang saya pilih tidak sesuai dengan pilihan orangtua" dan biasanya banyak lagi kebingungan karena banyaknya pemikiran.

Yah, semua orang menyadari bahwa saat ini pendidikan memang menjadi faktor penunjang kesuksesan seseorang. Dan dalam pendidikan pun ditentukan dua faktor yaitu Tempat kuliah dan jurusan.

Maka dari itu Geeniuss akan berbagi Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Efektif, untuk membantu memberikan pencerahan dan menguatkan pertimbangan anda sebelum memilih jurusan kuliah.

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Efektif
Image from http://caracepat.biz/
Berikut Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Efektif

1. Sesuaikan dengan Hobi, Minat dan Bakat
Setiap orang pasti memiliki hobi dan minat masing-masing dan bakat sendiri akan mengikuti bila hobi dan minat anda terhadap bidang tersebut, benar-benar anda geluti dengan baik. Misalnya anda menyukai bidang olahraga fokuslah terhadap bidang olahraga yang anda sukai, rutin latihan, kerja keras, dan konsisten.

Nah bila anda menyukai bidang olahraga pilihlah jurusan yang sesuai dengan hobi, minat dan bakat anda misalnya seperti mengambil jurusan Ikor, PJKR, PGSD Penjas dan lain-lain (Fakultas FPOK) bisa beda nama jurusan tergantung tempat kuliah.

Mengapa harus memilih jurusan kuliah sesuai dengan Hobi, Minat dan Bakat?

Pertama, anda akan benar-benar menikmati menempuh pendidikan di jurusan kuliah yang telah anda ambil karena memang anda menguasai bidang tersebut dan anda memang menyukai bidang tersebut. Anda akan menjalani hari-hari perkuliahan dengan rasa senang dan penuh semangat.  Akan beda rasanya jika anda kuliah di jurusan yang anda sama sekali tidak menguasai bidang tersebut bahkan anda tidak menyukainya, mungkin anda akan merasa tersiksa dan bisa jadi anda tidak akan bertahan lama kuliah di jurusan tersebut.

Kedua, Anda akan semakin banyak mendapatkan ilmu untuk mengembangkan bakat anda. Potensi anda akan semakin meningkat di bidang tersebut.

Ketiga, Setelah lulus kuliah anda akan benar-benar siap terjun di dunia kerja atau masyarakat karena anda sudah cukup mendapatkan bekal ilmu dan keterampilan yang semakin baik karena terus terasah di tempat anda kuliah.

2. Sesuai dengan Cita-Cita
Terkadang hobi dan cita-cita berbeda. Hobi hanyalah sekedar hobi untuk mencari kesenangan, melepas penat. Seperti saya misalnya hobi olahraga badminton, futsal, dan sepak bola. Namun cita-cita ingin menjadi Guru.

Akhirnya saya memutuskan untuk memilih jurusan kuliah di PGSD, insya Allah bisa menjadi guru dan hobi saya pun terasah dengan mengikuti beberapa UKM (kalu SMA itu ekstrakulikuler). Dengan mengikuti UKM banyak ilmu yang saya dapat untuk mengajarkan anak didik nanti mengenai bidang olahraga. Kalo kata peribahasa Sambil berenang minum air.

Ini bisa juga jadi solusi anda, memilih jurusan kuliah anda sesuai dengan cita-cita. Dengan begitu anda pun akan bersemangat dalam kuliah karena anda bermimpi untuk mewujudkan cita-cita anda.

3. Sesuai Kemampuan Anda
Ini juga penting banget, Pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan anda. Hal ini akan membuat anda tidak merasa tertekan karena terlalu berat mengambil jurusan yang tidak sesuai dengan kemampuan anda.

4. Pikirkan Prospek Ke Depan (Profesi atau Peluang Kerja).
Ini juga penting, anda harus memikirkan pula "jika saya memilih jurusan kuliah ini, apakah nanti peluang kerjanya bagus atau tidak" itu perlu menjadi pertimbangan juga. Mungkin anda bisa mencari informasi terkait dengan jurusan yang akan anda pilih. Anda bisa berdiskusi dengan kaka kelas anda yang kuliah di jurusan tersebut atau browsing.

Cari juga informasi sebanyak-banyaknya mengenai jurusan yang akan anda pilih mula dari "peminat di jurusan yang akan anda pilih (karena mereka akan menjadi saingan anda) dan baik tidaknya untuk peluang kerja. Karena banyak juga lapangan kerja saat ini yang melihat background pendidikan. Jadi jangan salah memilih ya!

5. Tidak Ikut-ikutan Teman atau Pilihan Orangtua
Ini yang terkadang membuat seseorang tidak nyaman menempuh pendidikan di bangku kuliah, melupakan nomor 1,2, dan 3 dengan memilih jurusan karena ikut-ikutan teman atau jurusan tersebut adalah pilihan orang tua.

Ini biasanya berdampak negatif terhadap rasa semangat yang kurang, anda tidak nyaman berada di jurusan tersebut karena tidak sesuai dengan hobi, minat, bakat dan kemampuan anda.

Jadi saran dari Penulis Geeniuss adalah anda tidak ikut-ikutan dalam memilih jurusan kuliah ya!

6. Mencari Alternatif Jurusan
Terkadang apa yang kita harapkan tidak sesuai dengan kenyataan bahasa gaulnya itu "Ekspektasi tidak sesuai dengan realita" hehe.

Ya, ini bisa saja terjadi. Mungkin karena anda kurang berusaha dan teman-teman yang lain usahanya lebih keras dibandingkan dengan anda. Akhirnya mereka lolos di jurusan yang mereka pilih dan anda belum lolos.

Sebagai solusi, ada baiknya anda mencari alternatif jurusan yang akan anda pilih bila anda tidak masuk di jurusan yang pertama.Namun ingat, memilih alternatif jurusan pula harus berdasarkan pertimbangan 5 poin di atas ya. Jangan salah memilih jurusan kuliah! 

Demikian Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Efektif . Ingat! pertimbangkan semuanya dengan matang agar penyesalan yang biasanya datangnya selalu belakangan ini bisa anda hindari. Jangan salah memilih jurusan ya. Semoga SUKSES

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Tag : Pendidikan
0 Komentar untuk "Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat dan Efektif"

Silakan berkomentar sesuai dengan isi postingan. Berkomentarlah dengan positif dan membangun. Mohon untuk tidak menyertakan link aktif. Terimakasih

Back To Top