Bikin Kamu Jadi Genius

Ini Dia 5 Cara Ampuh Menjaga Mata Agar Tetap Sehat

Mata merupakan salah satu panca indera yang perlu di jaga dan di rawat dengan baik. Memiliki mata yang sehat dan normal tentu anugerah yang wajib untuk selalu di syukuri, karena tak jarang ada orang yang memiliki kelainan pada mata. Oleh karena itu kita yang sudah diberikan rezeki berupa mata sehat dan normal perlu kita jaga dan rawat dengan baik.

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang memang kemampuan penglihatan dapat menurun, namun bukan berarti kita tidak berupaya untuk menjaga mata agar tetap sehat, berupaya dalam merawat dan menjaga mata tentunya harus kita lakukan.

Beberapa faktor penyebab yang membuat kinerja mata menurun antara lain, faktor bertambahnya usia, polusi udara, memaksakan mata untuk tetap bekerja meski sudah lelah, sering melihat layar monitor, menonton televisi dalam jarak terlalu dekat, kurang tidur, membaca buku terlalu dekat, dan lain sebagainya, namun pada umumnya yang sering terjadi penyebab mata rusak adalah karena ulah diri sendiri yang tidak menjaga dan merawat mata dengan baik.

Cara Menjaga dan Merawat Mata Agar Tetap Sehat
Mata.Jpg
Lantas bagaimanakah upaya kita untuk menjaga mata agar tetap sehat? berikut ulasannya.

1. Hindari Menonton Televisi Terlalu Dekat
Kebiasaan menonton televisi sambil tiduran apalagi dalam jarak yang terlalu dekat merupakan kebiasaan buruk yang dapat merusak mata. Efeknya memang tidak langsung terjadi dalam jangka pendek tapi jika kebiasaan ini sering dilakukan pasti akan berdampak pada gangguan kesehatan mata seperti mata minus. Selain itu menonton televisi juga perlu di atur waktunya agar tidak terlalu lama menatap layar televisi yang akan membuat mata cepat lelah.

2. Membaca Terlalu Dekat
Kebiasaan buruk yang juga dapat merusak mata adalah membaca terlalu dekat apalagi bila sambil tiduran. Ini juga kebiasaan buruk yang perlu dihindari agar memiliki mata yang sehat.

3. Mengkonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin A
Vitamin A akan membantu menjaga fungsi mata tetap optimal. Sayuran yang baik untuk kesehatan mata adalah wortel, bayam, dan buah alpukat. Sayuran tersebut dapat membantu untuk menjaga mata agar dapat berfungsi dengan baik.

4. Jangan Terlalu Lelah
Terlalu lelah dan terus dipaksakan juga dapat berdampak tidak sehat untuk mata anda, oleh karena itu bila mata anda sudah merasa lelah bekerja, beristirahatlah!

5. Cek Kesehatan Mata
Rutin mengecek kesehatan mata dan berkonsultasi dengan dokter merupakan langkah tepat yang perlu dilakukan agar memiliki mata yang sehat dan dapat berfungsi dengan optimal. Dengan mengecek kesehatan mata maka akan diketahui upaya untuk mencegah dan mengobati apabila ada gangguan atau sesuatu yang tidak diinginkan.
Baca Juga: Cek Kesehatan Mata Anda! Buta Warna Atau Tidak?

Itulah 5 Cara Ampuh Menjaga Mata Agar Tetap Sehat. Semoga menambah informasi dan bermanfaat bagi kita semua.

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Tag : Lifestyle
0 Komentar untuk "Ini Dia 5 Cara Ampuh Menjaga Mata Agar Tetap Sehat"

Silakan berkomentar sesuai dengan isi postingan. Berkomentarlah dengan positif dan membangun. Mohon untuk tidak menyertakan link aktif. Terimakasih

Back To Top