Bikin Kamu Jadi Genius

Ini dia, Solusi Jitu Atasi Mata Lelah Akibat Bermain Komputer

Solusi Jitu Atasi Mata Lelah Akibat Bermain Komputer - Bagi beberapa pekerjaan yang menuntut untuk berlama-lama di depan komputer tentu akan membuat mata menjadi cepat lelah.

Bekerja di depan komputer seperti para Blogger ataupun para pekerja kantoran lain memang tidak membuat badan terasa lelah, namun jika di sadari bekerja lama atau terlalu lama menatap layar komputer pun akan membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Gejala umum yang biasanya dirasakan saat seseorang terlalu asyik bermain komputer adalah mata merah, selalu merasa ngantuk atau tidak bersemangat saat berada di luar ruangan, perasaan terbakar di mata, perih, penglihatan kabur, sakit leher, atapun yang lainnya.

Namun bagi anda yang memang mengharuskan untuk lama bermain komputer karena itu menyangkut pekerjaan anda ataupun memang hobi anda bermain komputer. Ada beberapa tips yang bisa anda coba lakukan untuk mengurangi mata lelah akibat lama bermain komputer.

Akibat Bermain Komputer

Berikut Tips Solusi Atasi Mata Lelah Akibat Bermain Komputer

1. Mengurangi Tingkat Kecerahan atau Pencahayaan Komputer/Laptop

Tingkat kecerahan yang tinggi akan membuat mata anda menjadi cepat lelah. Oleh karena itu mengurangi tingkat kecerahan atau pencahayaan komputer wajib dilakukan. Aturlah tingkat kecerahan komputer agar pas dan membuat mata nyaman agar tidak membuat mata cepat lelah.

2. Posisi Duduk yang Benar

Posisi duduk yang salah dan posisi layar monitor juga akan mempengaruhi mata. Usahakan posisi duduk tegak dan pandangan mata lurus ke depan, jadi posisi layar monitor tidak boleh terlalu tinggi ataupun terlalu rendah.

3. Frekuensi Berkedip

Agar mata tidak cepat lelah ketika menggunakan komputer disarankan untuk mengatur frekuensi mata berkedip. Terlalu fokus pada satu pandangan saja juga akan membuat mata cepat lelah. 

Biasanya frekuensi seseorang ketika menatap layar monitor akan berbeda dibandingkan ketika ia tidak menatap layar monitor, hal ini dikarenakan saat menatap layar monitor seseorang cenderung ingin tetap fokus pada layar.

4. Biasakan Pola 20 20 20

Mark Rosenfield adalah orang yang memperkenalkan pola ini. Maksud dari pola 20 20 20 adalah setiap 20 menit mata harus diistirahatkan selama 20 detik kemudian alihkan pandangan mata dari layar monitor dengan melihat atau mengamati objek lain sejauh 20 meter.

5. Bersihkan Layar Monitor


Layar monitor yang kotor akan mengganggu penglihatan terhadap layar. Oleh karena itu kebersihan layar monitor harus tetap terjaga. 

Rutinlah untuk membersihkan layar monitor untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada layar dimana itu akan membuat layar terlihat kotor yang dapat mengganggu mata sehingga mata sulit fokus.

Demikian ulasan mengenai Tips Solusi Agar Mata Tidak Cepat Lelah Akibat Bermain Komputer. Semoga bermanfaat

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Ini dia, Solusi Jitu Atasi Mata Lelah Akibat Bermain Komputer"

Silakan berkomentar sesuai dengan isi postingan. Berkomentarlah dengan positif dan membangun. Mohon untuk tidak menyertakan link aktif. Terimakasih

Back To Top