Bikin Kamu Jadi Genius

Bagaimana Ciri Seorang Guru Yang Efektif ?

Bagaimana Ciri Seorang Guru Yang Efektif ? Guru yang efektif adalah guru yang dapat membawa pengaruh bagi para peserta didiknya. Tentunya pengaruh yang dibawa oleh guru tersebut adalah pengaruh yang baik karena guru merupakan sosok yang seringkali digugu dan ditiru oleh peserta didiknya.

Berikut ini saya akan berbagi informasi mengenai karakteristik guru yang efektif :

Ciri Guru Efektif
Sumber Gambar : anislathifaah.wordpress.com

1. Prepared

Guru yang efektif akan selalu datang ke ruang kelas dengan siap karena sebelumnya sudah penuh pesiapan untuk mengajar. 

Persiapan yang dilakukan oleh guru dapat mempermudah kegiatan pembelajaran di kelas , dan dengan adanya persiapan pula guru dapat mengkondisikan suasana kelas menjadi lebih efektif dan efisien.

2. Commitment


Yaitu kesetiaan, kepatuhan dan ketaatan serta dedikasi untuk mencurahkan segala pikiran dan kemampuannya pada bidang pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya. 

Dalam pasal 40 ayat 2 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional dinyatakan bahwa guru sebagai tenaga kependidikan harus memiliki komitmen secara profesional untuk selalu meningkatkan mutu pendidikan. 

Selain itu sebagai seorang guru perlu mencurahkan perhatian, motivasi, loyalitas,dan dedikasinya secara maksimal.

3. Enthusiasm

Modal dasar untuk menjadi guru yang efektif adalah harus memiliki sifat antusias, selalu semangat dalam pembelajaran, memiliki dedikasi dan tanggungjawab yang tinggi. 

Antusiasme seorang guru akan berpengaruh kepada semangat dan motivasi belajar siswa.

4. Creative

Menjadi seorang guru yang efektif juga perlu memiliki sifat yang kreatif, bisa menjadi sumber informasi bagi para peserta didiknya, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, dan dapat memanfaatkan teknologi secara efektif dalam pembelajaran

5. Knowledge

Guru yang efektif sangat perlu memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas. Bagaimana mungkin seorang peserta didik dapat menjadi cerdas jika gurunya tidak memiliki pengetahuan dan wawasan yang dapat mengembangkan pengetahuan peserta didiknya? 

Namun, pengetahuan dan wawasan disini tidak sebatas pengetahuan yang berbasis pada ilmu mata pelajaran saja, melainkan ilmu-ilmu lainnya yang menunjang seperti ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini sangat berkembang pesat, maka dari itu seorang guru juga perlu mengikuti arus perkembangan zaman.

6. Intelligence


Guru yang efektif harus memiliki tingkat kecerdasan atau intelegensi yang tinggi, tetapi juga harus diimbangi dengan kecerdasan emosional dan sosial. Seperti diamanatkan pasal 40 ayat 2 Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional bahwa ”guru sebagai tenaga pendidik harus menempatkan dirinya sebagai teladan yang patut ditiru oleh siswa”.

7. Hold High Expectation


Mempunyai harapan yang tinggi. Guru yang efektif tidak menetapkan batasan kepada siswanya, guru tidak boleh meremehkan kemampuan para peserta didiknya, karena guru yang efektif seharusnya percaya bahwa siswanya akan sukses.

8. Fair

Guru yang efektif juga harus bersipak adil kepada setiap peserta didiknya dengan memberikan kesempatan atau hak yang sama kepada semua siswa. Adil bukan berarti semua siswa diberi perilaku yang sama, tetpai guru perlu memahami bahwa semua siswa memiliki cara belajar yang berbeda.

9. Compassionate

Memiliki kepekaan atau rasa simpati. Menjadi guru yang efektif sangat perlu memiliki sikap ini. Guru harus dekat dengan siswa, peduli dengan masalah yang dihadapi siswa, dan mencoba membantu permasalahan yang dihadapi oleh siswa.

10. Cultivate a Sense of Belonging


Guru yang paling efektif akan membangun rasa memiliki kepada siswanya agar siswa merasa diterima dan nyaman berada di kelas.

11. Good physical and mental health

Fisik dan mental yang sehat termasuk kedalam aspek yang cukup penting untuk dapat melaksanakan tugas secara efektif dan efisien. Kesehatan fisik yang dapat menunjang terhadap aktivitas mengajar akan menjadi faktor penentu efektivitas pembelajaran.

12. Sense of humor

Menjadi seorang guru yang efektif harus menciptakan suasana yang menyenangkan, dapat memecahkan suasana tegang dan tidak terlalu serius dalam pembelajaran.

13. Sound Character

Dalam pembelajaran guru berperan sebagai komunikator yaitu yang mengkomunikasikan pesan-pesan pembelajaran agar diterima oleh siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran. Oleh karena itu setiap guru ketika berkomunikasi dengan siswa dengan menggunakan bahasa lisan (suara), harus jelas, dan mudah dipahami oleh siswa.

14. Positive

Guru yang efektif selalu berpikir positif dalam setiap situasi, membuat dirinya tersedia untuk siswa, mengkomunikasikan perkembangan siswa, dan memiliki strategi untuk menangani masalah yang dihadapi siswa.

15. Flexibility

Guru yang efektif ialah yang dinamis, luwes, yaitu yang mampu menyesuaikan dengan situasi dan kondisi (fleksibel). Guru tidak selalu bertindak sebagai informator atau pemberi materi, akan tetapi sewaktu-waktu guru bisa memerankan selaku pembimbing atau teman diskusi bagi siswa.

Yang terpenting menjadi seorang guru itu harus mau melakukan 3K yaitu kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. Semoga bermanfaat :)

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Komentar untuk "Bagaimana Ciri Seorang Guru Yang Efektif ?"

Silakan berkomentar sesuai dengan isi postingan. Berkomentarlah dengan positif dan membangun. Mohon untuk tidak menyertakan link aktif. Terimakasih

Back To Top